Desan Henriawan – PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MUFIN DI MUFIN CABANG RANCABOLANG BANDUNG

Home / PUBLIKASI JURNAL / Desan Henriawan – PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MUFIN DI MUFIN CABANG RANCABOLANG BANDUNG

TAHUN 2016

No ISSN             : 2086-1613

Volume / Edisi    : Volume 6/Edisi 2

Abstak :

Pelanggan merupakan suatu bagian penting dalam dunia bisnis, tanpa ada pelanggan dalam bisnis tentu tidak akan ada proses bisnis yang terjadi. Oleh karena itu pelanggan sangat berpengaruh dalam roda usaha dan bisnis. Dalam proses bisnis, pelanggan tentu ingin dilayani dengan baik oleh pedagang dan pelanggan akan merasa puas jika keinginannya atau harapannya terpenuhi saat membeli dan merasakan produk atau jasa yang dirasakan. Dengan dampak seperti itu diharapkan pelanggan akan loyal untuk menggunakan produk atau jasa yang dirasakan oleh mereka baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan mufin pada toko cabang mufin rancabolang bandung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Pengujian statistik menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi bergandadengan bantuan software SPSS 17 yang digunakan dalam sistem operasi komputer windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari koefisien determinasi yang diperoleh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 13,20% sedangkan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 9,3% dan pengaruh secara simultan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 25,5% dan sebanyak 74,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *