YAYAT GINANJAR – PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA PADA MINAT BELI ULANG (Suatu Survey pada Konsumen Sepeda Motor di JG Motor Group Wilayah Bandung)

Home / Uncategorized / YAYAT GINANJAR – PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA PADA MINAT BELI ULANG (Suatu Survey pada Konsumen Sepeda Motor di JG Motor Group Wilayah Bandung)

TAHUN 2018

No ISSN             : 2086-1613

Volume / Edisi    : VOLUME 8 / 1

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital, manajemen keanggotaan dan partisipasi anggota dalam meningkatkan keunggulan bersaing koperasi. Penelitian ini menggunakan metode survey penjelasan (explanatory survey method). Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengurus dan anggota koperasi. Jenis data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berupa himpunan informasi yang diperoleh dengan metode wawancara dan menggunakan kuesioner terstruktur yang diberikan kepada pengurus dan anggota koperasi yang menjadi responden terpilih. Sampel diambil dengan teknik two stage sampling (sampling dua tahap). Kuesioner didistribusikan kepada 208 responden. Hasil penelitian terdapat pengaruh antara intellectual capital dan manajemen keanggotaan serta partisipasi anggota terhadap keunggulan bersaing. Hal ini berarti semakin baik penerapan intellectual capital dan pelaksanaan manajemen keanggotaan serta aktifnya partisipasi anggota, maka koperasi dapat mencapai keunggulan bersaing. Berdasarkan analisis kuantitatif dengan menggunakan koefisien determinasi diperoleh pengaruh intellectual capital dan manajemen keanggotaan serta partisipasi anggota terhadap keunggulan bersaing koperasi sebesar 83,12% sedangkan 16,88% disebabkan faktor lain.

 

Kata kunci:     intellectual capital, manajemen keanggotaan, partisipasi anggota, keunggulan bersaing

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *