YAYAT GINANJAR – PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MEMASARKAN KAMAR HOTEL (STUDI KASUS PADA HOTEL THE ARDJUNA BOUTIQUE AND SPA BANDUNG)

Home / Uncategorized / YAYAT GINANJAR – PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MEMASARKAN KAMAR HOTEL (STUDI KASUS PADA HOTEL THE ARDJUNA BOUTIQUE AND SPA BANDUNG)

TAHUN 2017

No ISSN             : 2086-1613

Volume / Edisi    : VOLUME 7 / 1

ABSTRAK

Penelitan tentang Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam Memasarkan Kamar Hotel  (Studi Kasus pada Hotel The Ardjuna Boutique and Spa Bandung) bertujuan untuk mengetahui program, proses, media komunikasi dan hambatan komunikasi dari penerapan Customer Relationship Management (CRM). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berlandaskan teori interaksi simbolik dan paradigma konstruktivis dengan key informan manager hotel, divisi marketing dan tiga informan pelanggan Hotel The Ardjuna Boutique and Spa Bandung. Hasil penelitian ini adalah program customer relationship management (CRM) dalam memasarkan kamar hotel, yaitu dengan  pemasaran berkelanjutan (continuity marketing), pemasaran individual (one to one marketing), dan hubungan kemitraan (partnering program) dengan  pemberian diskon, pemberian voucher, pemberian fasilitas khusus dan kartu keanggotan (membership) dengan memberikan diskon kamar sebesar 15%.  Proses customer relationship management (CRM) dalam memasarkan kamar hotel meliputi mengumpulkan data pelanggan, mengembangkan program CRM dengan cara memberikan member card dan implementasi program CRM dengan melibatkan tiga variabel CRM, yakni people, process, dan technology yang menjadi kunci penting dalam upaya menjalin hubungan dengan pelanggan. Media komunikasi customer relationship management (CRM) dalam memasarkan kamar hotel, yaitu dengan memakai keberadaan website serta didukung dengan media komunikasi Broadcast seperti WhatsApp (WA), BlackBerry Messeger (BBM) dan Short Message Service (SMS). Hambatan komunikasi dari penerapan customer relationship management (CRM) dalam memasarkan kamar hotel yaitu pihak Hotel  The Arjuna Boutique Hotel and Spa Bandung belum memiliki program khusus untuk mengelola loyalitas customer.

 

Kata kunci : penerapan, customer relationship management, hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *