AA KARTIWA – ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI TAHU BERDASARKAN METODE HARGA POKOK PROSES (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TAHU SARIBUMI SUMEDANG)

Home / Uncategorized / AA KARTIWA – ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI TAHU BERDASARKAN METODE HARGA POKOK PROSES (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TAHU SARIBUMI SUMEDANG)

TAHUN 2018

No ISSN             : 2086-1613

Volume / Edisi    : VOLUME 8 / 1

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam perhitungan harga pokok produksi. Penentuan harga pokok produksi merupakan hal yang sangat penting mengingat manfaat informasi harga pokok produksi adalah untuk menentukan harga jual produk. Kesalahan perhitungan harga pokok produksi harus dihindari agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Objek penelitian ini adalah Tahu Saribumi Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perhitungan harga pokok produksi tahu dengan prosess costing method atau metode harga pokok proses pada Tahu Saribumi Sumedang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi langsung ke objek penelitian, sedangkan teknik analisa data dengan mendeskripsikan dan perhitungan harga pokok produksi meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode harga pokok proses dapat menghasilkan harga jual yang tepat, sehingga Tahu Saribumi Sumedang dapat membuat laporan biaya produk sesuai dengan sistem pencatatan akuntansi yang berlaku. Dengan demikian, perhitungan harga pokok produksi sudah sesuai dengan kajian teori.

 

Kata kunci: harga pokok produksi, prosess costing method

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *