DEDE JAJANG & IMAS SUSANTI – PENGARUH PENGELOLAAN DANA DESA DAN PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA (STUDI KASUS PADA DESA DI KABUPATEN SUMEDANG)

Home / Uncategorized / DEDE JAJANG & IMAS SUSANTI – PENGARUH PENGELOLAAN DANA DESA DAN PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA (STUDI KASUS PADA DESA DI KABUPATEN SUMEDANG)

TAHUN 2018

No ISSN             : 2086-1613

Volume / Edisi    : VOLUME 8 / 1

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan dana desa dan pengawasan fungsional terhadap efektivitas kerja pada desa di Kabupaten Sumedang. Metoda penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Variabe penelitian terdiri dari variabel bebas, yaitu pengelolaan (X1) dan pengawasan (X2) serta variabel terikat efektivitas kerja. Populasi penelitian adalah aparat desa pengelola keuangan di 10 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang sebanyak 30 orang. Penarikan sampel yang dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan studi lapangan melalui observasi dan penyebaran angket  serta teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis utama penelitian, diperoleh bukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan dana desa dan pengawasan fungsional terhadap efektivitas kerja. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,923 atau 85,19%. Sedangkan pengaruh di luar variabel pengelolaan dana desa, pengawasan fungsional dan efektivitas kerja sebesar 14,81%, yaitu faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: pengelolaan dana desa, pengawasan fungsional, efektivitas kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *