REPI PURNOMO – MANAJEMEN STRATEGI ANALISIS BALANCED SCORECARD PADA USAHA MIKRO (Studi Kasus pada Warung Eceran Desa Tanjungmulya)

Home / Uncategorized / REPI PURNOMO – MANAJEMEN STRATEGI ANALISIS BALANCED SCORECARD PADA USAHA MIKRO (Studi Kasus pada Warung Eceran Desa Tanjungmulya)

TAHUN 2018

No ISSN             : 2086-1613

Volume / Edisi    : VOLUME 8 / 1

ABSTRAK

Secara umum indikator kesehatan perusahaan dapat ditinjau dari seberapa besar keuntungan yang didapat, tetapi dalam perspektif balanced scorecard indikator lain turut mempengaruhi dari mulai pelanggan, proses bisnis, dan pertumbuhan. Hanya saja penggunaan analisis strategi bisnis ini tidak dilakukan oleh perusahaan pada umumnya termasuk perusahaan mikro. Balanced scorecard  merupakan pengukuran terhadap empat perspektif. Hal itu dilakukan melalui pendekatan pada mekanisme sebab akibat (cause and effect), dengan tetap memprioritas aspek keuangan sebagai tolak ukur utama yang dijelaskan tolak ukur operasional pada tiga perspektif lainnya. Perdagangan ritel adalah kegiatan menjual kepada konsumen akhir. Melalui proses penelitian kualitatif yang bertempat di usaha eceran Ibu Uwu di Desa Tanjungmulya, peneliti memperoleh sejumlah hasil  analisis keempat perspektif kegiatan bisnis menunjukkan hasil yang baik. Hal ini ditandai dengan perspektif keuangan (pendapatan), pelanggan, dan pertumbuhan telah memenuhi target yang telah ditetapkan. Hanya saja, di dalam perspektif proses bisnis menunjukkan hasil yang kurang baik.

 

Kata kunci: manajemen strategi, balanced scorecard, usaha mikro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *